Tuesday, January 31, 2006

Maplandia

echodry's map homepage
Wah.....aku kalah cepet dalam mencari informasi apa aja pengembangan dari google earth. dari weblognya enda nasution, aku dapat informasi mengenai maplandia.


ada beberapa kelebihan yang ada disini, maplandia menyediakan data nama wilayah di indonesia dari tingkat 'propinsi' sampai dengan tingkat kota, lalu kita memasukkan data 'lintang/bujur' dalam menu aplikasi/form yang sudha disediakan. Dan dnegan mudah 'lokasi kita' akan terpampang di google earth. so nikmati aja.

Sunday, January 29, 2006

Kekuatan Blog, People Power

Kekuatan Blog, People Power,

" Jakarta, Dari sisi kualitas konten, antara blog dengan mainstream media sesungguhnya tak jauh beda. Bahkan di beberapa hal, tulisan dari sebuah blog akan bisa lebih mendalam ketika disajikan, karena memang penulisnya, atau biasa disebut blogger, adalah memang orang yang cukup mendalami hal yang ditulisnya tersebut.Demikian salah satu hal yang diangkat dalam Diskusi Komunitas Blogger, bertempat di ruang diskusi detikINET/detikcom, Warung Buncit, pada Sabtu (28/1/2006). Diskusi itu sendiri dihadiri oleh sekitar 20-an blogger yang mewakili komunitasnya." (detikinet, Minggu , 29/01/2006 10:45 WIB).

diatas merupakan kutipan dari secuil berita tentang "kekuatan blog". yang diulas oleh detikinet. Meski aku tidak ikut, atau apa, karena aku memang tahunya baru hari ini (minggu, 29/10/2006 15.41 WITA, atau karena aku memang belum di kenal luas di dunia blogger...he..he....). So aku cukup menyimak saja apa yang mereka lakukan "via maya".

Saturday, January 28, 2006

Selingan : Angelina Sondakh's Diary

Emm......beberapa bulan terakhir ini aku lagi mengupas tentang Google Earth dan temen-temenya, ada sedikit selingan mengenai Angelina Sondakh's Diary, emm...menarik memang, kisahnya. aku simak lumayan lama, kurang lebih 20 menit di Angelina Sondakh's Diary.

Lintang dan Bujur dalam Weblog

Apa sih sebenarnya menariknya, aspek posisi yang diterjemahkan dalam koordinat “lintang dan bujur?. misalnya dalam weblog?.”posisi”, “posisi”, dan “posisi”. Mungkin itu jawaban “sederhana” menurut aku. Tulisan dibawah ini secara sederhana menjelaskan fungsi dan manfaat “lintang dan bujur” dalam “weblog”.
Ada beberapa cara untuk menampilkan posisi anda dalam kaitannya dengan weblog. dengan cara geocoding yang disediakan oleh berbagai aplikasi yang sudah ada, geotag misalnya. Anda tinggal mendeskrisipkan posisi koordinat (lintang dan bujur) anda dan tautkan dalam web/weblog anda dengan ‘contoh script” yang sudah disediakan. Mudah bukan?. anda mau peta?. tinggal pilih aplikasi mana yang anda inginkan :

multimap
feedmap
frapp
yourgmap
dll.

Di indonesia, sudah ada beberapa pengembangan, salah satunya telah dikupas dalam GeoRelated Blog oleh Tri Agus Prayitno di Buana Khatulistiwa. Dan juga tentunya, ada “majalah.wgs84.net” kayaknya kok mirip banget dengan “spatiallyadjusted” milik James Fee.

Wednesday, January 11, 2006

Geocoding Website Anda: Expanding GMI

Bagaimana anda harus melakukan "Geocoding" terhadap website/weblog anda.
Ada beberapa acara, silahkan anda simak :

1. Lakukan "geotag' . silahkan anda ikuti dan pelajari cara "geotag" di situs tersebut.

2. Buatlah weblog berbasis 'peta' dengan berbagai macam aplikasi seperti "feedmap', "frappr',
'flickr", "yourgmap', 'google earth', "multimap' dll.


dan kembangkan "Sindikasi Google Map Indonesia".






Tuesday, January 10, 2006

GMI (Google Map Indonesia) : Local

Taut Aplikasi Google Map di Indonesia yang selanjutnya di sebut dengan GMI yang ditelusuri dengan metode : Searching, Approve dan Receive.

1. Dendy Kurniawan
2. Peta Wisata di Navigasi

Kayaknya perlu dikembangkan pengembangan aplikasi berbasis Google Earth di Indonesia. Langkah awal aku bikin aja GMI.

Windows Live Local


Emmm....manis juga nih aplikasi. Aku bisa ngukur jarak mau pergi kemana dengan cuma berdasarkan titik-titik koordinat yang telah di definisikan terlebih dahulu melalui "add pushphin" dan "kalau lebih afdol" sih punya 'blog' dulu dengan melakukan "Blog it". Emm..coba aja dan nikmati!.
(gb.Milik Eko Susilo)


Heavy Weight Boxing Champions in Google Earth


Gedubrak......Gedubrak!
Fight!...Fight! (gbr.milik geoearthblog)

Saturday, January 07, 2006

RSGISForum-Expanded!!(Sisi lain Komunitas)

Memperhatikan mengenai komunitas RS/GIS di Indonesia, kalau tidak berbicara mengenai RSGISFORUM, kurang afdol!!. RSGISForum yang dikomandani oleh pak hartanto ini sudah sejak lama muncul dan berkembang dan sekarang kayaknya semakin berkembang terus dengan berbagai aktivitasnya. Kurang lebih dalam beberapa tahun sejak berdirinya, akhirnya perkembangannya melaju dengan pesat sebagai komunitas dengan basis kompetensi dalam dunia RS/GIS di Indonesia, dengan anggota dari berbagi instansi pemerintah, swasta, pengembang perangkat lunak dan pribadi yang menggeluti, memperhatikan dan mengembangkan dunia RS/GIS di Indonesia. Simak dan lihat di RSGISFORUM.Aku sendiri mungkin baru aktif di milis RSGIS sekitar tahun 2000, meski kedaftar jadi anggotanya baru tahun 2006. Perkembangan dan Aktivitasnya "luar biasa sekali".Suatu bentuk perhatian yang luar biasa sekali terhadap kepedulian dan pengembangan aplikasi RS/GIS di Indonesia. Salah satu contoh aktiviatsnya adalah terlibat dalam penyediaan data spasial dan kaitannya dengan "Tragedi 26 Desember/Tragedi Tsunami di Aceh' dan Nias". Aktivitasnya terkait di "Inisiatif RSGISFORUM". Salah satu kebanggan Indonesia memiliki komunitas berbasis "milis" dan "aplikasinya" yang patut kita banggakan dan kita kembangkan secara bersama-sama dan terus-menerus demi Indonesiaku. Aku sendiri baru aktif dan merupakan bagian dari komunitas ini. Selain RSGISForum, ada beberapa komunitas di Indonesia yang cukup memiliki 'taji' dan suatu bentuk fenomena milis dan komunitas berbasis pengembangan SDM, Teknologi dan lain-lain yang aku tampilkan adalah Kamunitas Migas Indonesia dengan sinergi dari Milis Migas Indonesia, Portal Migas Indonesia dan Komunitas Migas Indonesia sendiri sebagai payang secara kelembagaannya. dan Juga beberapa komunitas lainnya seperti ID-GPS. (gb.Milik Eko Susilo).

Peta Antik

Dari searching aku kumpulkan link mengenai peta antik di dunia.
Lumayan sebagai referensi dan menikmati keindahan peta masa lalu.
Sandarus
Altea
Tree Map Solution
sduk Antique Maps

Gbr. Milik Mapmogul

Old and Antique Maps
Michael Jennings
Antique Maps and Prints
Old and rare Maps and Books
MapMogul

Enjoy it.!