Wednesday, February 07, 2007

Single Tax Again....

Single Tax
Henry George
Geonumber
Single Tax- Georgism
Geodata Explorer
Geoeconomics
TaxCollector Saturday, September 02, 2006

Gie.....Again

Ini tulisan aku buat 28/06/2005 dan 21/04/2005, dan kayaknya kok pengen aku tampilkan lagi persis seperti aslinya.


Akhirnya......
sekian lama menunggu film dan kasetnya,,,akhirnya datang juga.
Gie....sebuah film dari Riri Riza.
Sebuah kenangan yang mungkin tidak terlupakan pada orang-orang dizamannya.
"change" "Perubahan", itulah makna dari semua yang perlu kita perhatikan.
Dinamis, Tidak monoton, Non-Stagnan, dan Ekuivalensi dalam hidup.

mau tahu tentang filmnya, atau tentang segalanya
tentang 'soe hok gie' silahkan akses di

www.milesfilms.com/gie

aku cuplikan juga karya Eross -Sheila On 7
tentang karya lagunya berjudul "Gie".

Sampaikanlah pada ibuku, aku pulang terlambat waktu
aku akan menaklukan malam dengan jalan pikiranku
Sampaikanlah pada bapak ku aku mencari jalan

atas semua keresahan-kersahan ini..
kegelisahan manusia.....

retak....lah...malam yang dingin...
tak pernah berhenti berjuang
bacakan teka-teki malam
tak pernah berhenti berjuang
pecahkan teka-teki keadilanmu...

berbagi waktu dengan alam...
kau akan tau siapa dirimu yang sebenarnya
hakikat manusia....

reff :
tak pernah berhenti berjuang
pecahkan teka-teki malam
tak pernah berhenti berjuang
pecahkan teka-teki keadilanmu...


aku akan telusuri jalan yang setapak ini semoga
kutemukan jawaban
akan aku telusuri jalan yang setapak ini semoga
kutemukan jawaban

(courtesy of Gie-Original Motion Picture Soundtrack)

(sebuah catatan kecil dari aku-28-06-2005)

Emmm......Soe Hok Gie!!!!!!!

tentang soe hok gie

Soe adalah seorang aktivis Indonesia ditahun 60-an. Dia seoarang yg jujur dan tegas...

Diatas puncak G.Semeru...dia meninggal akibat gas beracun sehari sebelum hari jadinya ke 27....Dengan tertawa kecil, Soe menitipkan batu dan daun cemara.
Katanya, "Simpan dan berikan kepada kepada 'kawan-kawan' batu berasal dari tanah tertinggi di Jawa. Juga hadiahkan daun cemara dari puncak gunung tertinggi di Jawa ini pada cewek-cewek FSUI." ... Itulah kata2 terakhir Soe kepada temannya sebelum ia ditemukan tewas di puncak G.Semeru.

ada juga bagaimana Mira Lesmana yang "mbikin filmnya" bersama Riri Riza yang aku kutip kurang lebih begini :

Ide Gie berawal saat Mira pulang ke Jakarta setelah selesai sekolah di Australia. Salah satu buku pertama yang menjadi koleksinya adalah Catatan Harian Seorang Demonstran dari Soe Hok Gie. "Buku Gie itu jadi favorit saya. Tokoh Gie membuka banyak hal dan wawasan dan banyak berpikir. Buku itu saya bawa terus, waktu masih kuliah di IKJ. Bahkan saya sodorkan ke banyak orang, untuk membacanya. Buat saya, Soe Hok Gie adalah orang yang sangat multidimensional, intelegence, da visionary. Saat kuliah, saya pernah berpikir,"mungkin suatu saat saya akan film, mungkin 18-20 tahun kemudianlah…". Baru saat AADC selesai, Mira berpikir untuk membuat produksi Gie dan memberanikan diri email Arief Budiman, untuk bertanya apakah mungkin Miles mengembangkan buku Catatan Harian menjadi scenario. Responsnya sungguh bagus dan mendukung. Di bayangan Mira, masih 4-5 tahun lagi untuk produksi Gie, Karena saya dan Riri mau bikin film lagi. "Eh, tahu-tahu Riri bilang:"Soe Hok Gie aja dulu deh". Padahal waktu itu belum saya tawarin sebagai sutradara, hahaha…".
(http://www.layarperak.com/)