Thursday, April 21, 2005

Emmm......Soe Hok Gie!!!!!!!

tentang soe hok gie

Soe adalah seorang aktivis Indonesia ditahun 60-an. Dia seoarang yg jujur dan tegas...

Diatas puncak G.Semeru...dia meninggal akibat gas beracun sehari sebelum hari jadinya ke 27....Dengan tertawa kecil, Soe menitipkan batu dan daun cemara.
Katanya, "Simpan dan berikan kepada kepada 'kawan-kawan' batu berasal dari tanah tertinggi di Jawa. Juga hadiahkan daun cemara dari puncak gunung tertinggi di Jawa ini pada cewek-cewek FSUI." ... Itulah kata2 terakhir Soe kepada temannya sebelum ia ditemukan tewas di puncak G.Semeru.

ada juga bagaimana Mira Lesmana yang "mbikin filmnya" bersama Riri Riza yang aku kutip kurang lebih begini :

Ide Gie berawal saat Mira pulang ke Jakarta setelah selesai sekolah di Australia. Salah satu buku pertama yang menjadi koleksinya adalah Catatan Harian Seorang Demonstran dari Soe Hok Gie. "Buku Gie itu jadi favorit saya. Tokoh Gie membuka banyak hal dan wawasan dan banyak berpikir. Buku itu saya bawa terus, waktu masih kuliah di IKJ. Bahkan saya sodorkan ke banyak orang, untuk membacanya. Buat saya, Soe Hok Gie adalah orang yang sangat multidimensional, intelegence, da visionary. Saat kuliah, saya pernah berpikir,"mungkin suatu saat saya akan film, mungkin 18-20 tahun kemudianlah…". Baru saat AADC selesai, Mira berpikir untuk membuat produksi Gie dan memberanikan diri email Arief Budiman, untuk bertanya apakah mungkin Miles mengembangkan buku Catatan Harian menjadi scenario. Responsnya sungguh bagus dan mendukung. Di bayangan Mira, masih 4-5 tahun lagi untuk produksi Gie, Karena saya dan Riri mau bikin film lagi. "Eh, tahu-tahu Riri bilang:"Soe Hok Gie aja dulu deh". Padahal waktu itu belum saya tawarin sebagai sutradara, hahaha…".
(http://www.layarperak.com/)

1 comment:

daniel john said...

Hi everyone, This site is excellent and so is how the subject matter was explained. I like some of the comments too although I would suggest everyone stays on the subject matter so that to add value to the message.

College Research Papers