Wednesday, March 15, 2006

Martian::Google Moon::

Google Bikin Peta Online Planet Mars
Ni Ketut Susrini - detikInet
Ilustrasi Mars Odyssey (NASA) .


Jakarta, Tak puas hanya memetakan bumi dan bulan, Google kini menyediakan layanan peta online yang memungkinkan pengguna menjelajahi planet Mars.
Layanan ini memungkinkan pengguna membaca peta planet Mars di browser web. Tampilannya bisa diperbesar dan dilihat dari berbagai sisi, hanya dengan bantuan mouse.
Seperti dikutip detikinet, Selasa (14/3/2006) dari Associated Press, layanan tersebut dinamai 'Martian'. Gambar petanya berasal dari foto satelit yang mengorbit Mars, Mars Odyssey dan Mars Global Surveyor, milik National Aeronautics and Space Administration (NASA).
Google Mars tidak menyediakan panduan arah, tapi pengguna tetap bisa mengamati planet tersebut dalam tiga format yang berbeda: ketinggian permukaan bisa diketahui dengan perbedaan warna sesuai altitudenya; bagian visible-imagery di peta ditunjukkan dengan gambar hitam-putih; sedangkan pencitraan inframerah di peta mengindikasikan temperatur permukaan Mars, warna gelap menunjukkan kawasan yang dingin, sedangkan kawasan yang panas diindikasikan dengan warna terang.
Di peta tersebut bisa dilihat fitur geografis Mars seperti gunung, lembah, padang pasir dan kawah. Di peta tersebut juga tampak lokasi kendaraan luar angkasa tanpa awak, yang telah mendarat di Mars.
Tampak juga lokasi rover milik NASA, Spirit dan Opportunity, yang sudah mengeksplorasi planet tersebut sejak tahun 2004.
Pengembangan peta ini bekerja sama dengan pemerintah negara bagian Arizona. "Idenya adalah untuk menjelajah Mars, dan tidak lagi menganggapnya sebagai kawasan asal para alien yang misterius," kata Phil Christensen, seorang ahli geologi planetarium dari Arizona State University.
Menurut Christensen, peta Martian akan diperbaharui setiap beberapa minggu sekali.
Layanan peta berbasis browser ini bukan yang pertama kalinya dari Google. Sebelumnya, perusahaan mesin cari asal Mountain View ini mengenalkan Google Earth, layanan peta tiga dimensi, yang juga memanfaatkan foto satelit pada permukaan bumi.
Menyusul kemudian, Google Moon, yang memperlihatkan lokasi keenam pesawat ulang-aling Apollo yang mendarat di bulan.
Peluncuran Martian dilakukan Senin (13/3/2006), bertepatan dengan ulang tahun ke-151 astronom Percival Lowell, yang mempelajari Mars selama lebih dari dua dekade. (nks)(nks)


Sumber dan Links :
Detik:

1 comment:

daniel john said...

Thanks for taking the time to discuss this, I feel strongly about it and love learning more on this topic. If possible, as you gain expertise, would you mind updating your blog with more information? It is extremely helpful for me.

College Research Papers